Home > Press > Pemerintah Upayakan Harga Pangan Turun Sebelum Bulan Puasa
Pemerintah Upayakan Harga Pangan Turun Sebelum Bulan Puasa Thursday, 22 March 2018 | Posted by roby

KBRN, Jakarta : Pemerintah sedang mengupayakan menurunkan harga pangn, yang saat ini masih tergolong tinggi, sesuai perintah Presiden Joko Widodo pada jajaran menterinya yang berkaitan dengan masalah pangan.


"Bapak Presiden dua minggu terakhir mulai memerintahkan satu hal yang tidak mudah, tapi harus bisa kita wujudkan. Kita sudah mau masuk bulan Puasa, sudah mau lebaran. Jangan sampai harga beras masih tinggi, harga daging sapi masih tinggi," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution saat menyampaikan keynote speech dalam acara Jakarta Food Security Summit di Jakarta Convention Center, Kamis (8/3/2018).


Menurut Darmin, pemerintah sedang mencoba mengumpulkan langkah, untuk menurunkan harga beras, tetapi harga gabah di tingkat petani tidak terlalu turun jauh , sehingga tidak merugikan petani. Saat ini, kata Darmin, harga gabah di tingkat petani masih tinggi sekira Rp.5.100,-


"Harga gabah di petani mau tidak mau harus turun, antara Rp.4300-Rp4.400. Pemerintah sudah memberikan fleksibilitas pada Bulog untuk membeli gabah petani seharga Rp.4.400, dan kita lihat harga itu masih menguntungkan petani," jelas Darmin.


Menko Perekonomian mengatakan, dalam struktur biaya, sewa lahan dan biaya pengolahan merupakan biaya tertinggi. “Biaya-biaya ini, yang harus diubah. Kecuali biaya sewa lahan, karena lahan pertanian biasanya milik pihak tertentu di pedesaan,” sambung Darmin.


Pada kesempatan itu, ia juga menyatakan apresiasinya pada pola kemitraan antara pengusaha dan petani yang digagas oleh Kadin Indonesia, sebagai upaya pemertaan ekonomi petani.


Pola kemitraan ini, menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani melibatkan 430.000 petani dan berhasil meningkatkan pertumbuhan bagi para petani yang ikut program kemitraan itu, sebesar 11-85 persen.



"Pola kemitraan bagi pemerataan ekonomi petani ini penting, untuk mendukung cita-cita swasembada dan ketahanan pangan nasional, " tukas Rosan. (MK/AA)


http://www.rri.co.id/post/berita/499899/ekonomi/pemerintah_upayakan_harga_pangan_

turun_sebelum_bulan_puasa.html?

Form Login
Email: Password:
Form Forgot Password
Email: Password akan dikirimkan ke email terdaftar yang diinput diatas.